Skip links

Fungsi Forklift serta Bagian Lengkapnya

Fungsi Forklift serta Bagian Lengkapnya – Awal mula Forklift juga membantu para pekerja agar terhindar dari cedera, karena harus mengangkat dan memindahkan beragam jenis barang yang berukuran besar. Terciptanya Forklift ini juga bisa meningkatkan efektifitas dan efisiensi dalam pekerjaan di industri. Industri besar atau kecil juga dapat mengurangi jumlah pekerja, karena Forklift dapat menyaingi kekuatan para pekerja dalam hal pemindahan barang atau benda.

Sekarang sudah banyak perusahaan yang menggunakan Forklift agar memudahkan mobilitas barang-barang. Dengan adanya Forklift ini membantu para pekerja untuk mengangkat benda atau barang dengan berat puluhan hingga ratusan kilogram, contohnya Forklift Diesel yang rata-rata bisa mengangkut beban seberat tiga puluh ton. Untuk industri farmasi juga biasanya menggunakan alat satu ini, tapi untuk menghindari polusi dari asap yang berbahaya, industri farmasi menggunakan jenis Forklift yang berbeda, yaitu Forklift Elektrik.

Mengenal Forklift

Forklift merupakan suatu alat yang seringkali digunakan dalam pekerjaan, terutama di dunia industri baik besar maupun kecil. Forklift dapat memudahkan pekerjaan seperti mengangkat, memindahkan, dan menurunkan barang yang cukup berat dari satu tempat ke tempat yang lainnya. Penggunaan Forklift biasanya dilakukan di dalam ruangan dan luar ruangan seperti di gudang, pabrik, pelabuhan, ekspedisi, dan masih banyak lagi tempat penggunaan Forklift ini.

Untuk pengoperasian Forklift ini sendiri ada dua model transmisinya, yaitu Forklift Automatic dan Forklift Manual, kedua model ini tentu cara penggunaannya sangat berbeda. Forklift Automatic menggunakan tuas handle saja, yakni naik-turun, maju-mundur, serta tilt mast, sama seperti mengendarai mobil matic. Sedangkan Forklift Manual, Operator Forklift harus terbiasa jika ingin mengendarai Forklift dengan transmisi ini, sama seperti bagian transmisi dalam mobil manual, Forklift Manual ini menggunakan pedal gas, rem, dan juga kopling ketika mengoperasikannya. Jadi, pengoperasian Forklift juga memerlukan Operator Forklift sebagai supir khusus yang mampu secara Hydrolis menaikkan, menurunkan barang-barang berukuran besar atau berat untuk industri.

Fungsi Lengkap Forklift

Forklift merupakan transpotasi alat berat, yang bagian utamanya terdapat dua garpu di depannya yang berfungsi untuk mengangkat benda atau barang. Forklift sendiri biasanya dikatakan juga sebagai alat bantu kendaraan, dan biasanya dipakai diberbagai kebutuhan utama di bidang industri karena sangat mempermudah pekerjaan dalam mobilitas barang-barang.

Fungsi-fungsi tiap Forklift

  1. Forklift Electric

Forklift jenis ini sangat ramah lingkungan karena menggunakan sumber daya listrik dan listrik yang digunakan didapat dari baterai yang bisa diisi ulang. Forklift Electric dapat mengangkut beban seberat lima ton dan bisa menaikkan barang sampai dengan ketinggian enam meter. Untuk penggunaannya, Forklift ini biasa digunakan di dalam ruangan juga.

  • Forklift Reach Truck

Forklift jenis ini sangat berguna untuk memindahkan barang-barang yang berkapasitas besar dan dapat digunakan untuk proses penataan di rak-rak yang jaraknya cukup tinggi, jadi akan sangat efisien jika ingin menata barang-barang diatas rak-rak yang jaraknya tinggi.

  • Forklift Diesel

Forklift ini menjadi sangat banyak digemari oleh industri karena penyewaannya yang murah dan perawatan yang lebih mudah dibandingkan dengan Forklift model yang lain. Tapi, kekurangan dari Forklift Diesel ini dikarenakan karena alat ini mengeluarkan emisi gas yang berbahaya bagi manusia jika dihirup secara terus menerus.

  • Forklift Gasoline

Forklift ini juga memiliki harga sewa yang terjangkau, jadi alat ini juga menjadi favorit industri untuk memindahkan barang-barang. Forklift ini memiliki kapasitas angkat bebas seberat dua ton dan tinggi angkatnya dua meter. Dan karena Forklift ini menggunakan bahan bakar gasoline, maka konsumsi bahan bakarnya juga hemat, dan emisi karbonnya rendah.

Bagian Forklift

  1. Fork

Fork ini merupakan bagian terpenting atau bagian terutama pada Forklift. Kegunaan Fork ialah untuk mengangkat , menopang, memindahkan, dan membawa benda atau barang. Fork juga bisa diperpanjang ukurannya agar mempermudah membawa barang tertentu.

  • Mast

Alat ini berguna untuk tilting dan lifting. Bagian ini terbuat dari dua keping logam kuat yang menahan mesin khusus yang membantu menggerakkan garpu ke atas atau ke bawah.

  • Carriage

Fungsi alat ini ialah sebagai penghubung Mast dan Fork. Jadi kegunaan Carriage ini ialah sebagai sandaran dan pengaman untuk barang-barang bawaan Forklift itu sendiri.

  • Overhead Guard

Alat ini menjadi pelindung bagi Operator Forklift ketika melakukan pengangkatan atau pemindahan barang menggunakan Forklift. Overhead Guard juga biasanya dimodifikasi sebagai pelindung dari ujan dan terik matahari.

  • Counterweight

Counterweight adalah sebagai penyeimbang barang yang diangkat menggunakan Forklift. Jadi saat forklift mengambil barang berat, dibutuhkan sesuatu untuk membantunya tetap stabil. Penyeimbang membantu dengan menyeimbangkan berat barang yang diangkat, Forklift memiliki bobot di bagian belakang yang membantunya tetap seimbang dan tidak terbalik.

Kestone Indonesia menyediakan empat pilihan Forklift yang cocok sesuai dengan kebutuhan industri. Kestone juga berharap konsumen bisa dengan pintar memilih Forklift sesuai dengan kebutuhan yang industri perlukan. Kunjungi Kestone.co.id dan dapatkan Forklift berkualitas sesuai kebutuhan.

Leave a comment